The Vow, Pembuktian Ikrar (Resensi Film)


                Judul : The VowBased on True Story: Mr and Mrs.  Directed : Michael Sucsy, Produce: Gary Barber, Starring:  Rachel McAdams, Channing Tatum, Sam Neill, Scott SpeedmanJessi, Lange Music :  Michael Brook, Cinematography:  Rogier Stoffe,  Editing : Melissa Kent,  Release date(s) :  February 10, 2012 
  


Gambar dari sini 
                                     


       
                                      Kehebohan The Vow sepertinya cukup menarik perhatian para pencinta drama romantis. Memang tidak bisa disangkal saat bicara The Vow mungkin akan terbayang sumpah ikrar sehidup semati sepasang suami istri yang memulai mengikat janji dalam ikatan pernikahan. Sisi keromantisan ini pula yang membuat The Vow menjadi salah satu drama yang ingin ditonton oleh movie lover terutama penggemar film drama. Drama romantis ini merupakan perjalanan kisah cinta yang bisa dikatakan menginspirasi penontonnya. Film drama yang diangkat dari kisah nyata sepasang suami istri Mr. Kim dan Mrs. Krickit Carpenter yang mereka abadikan dalam sebuah buku yang berjudul sama yaitu The Vow yang berarti ikrar atau sumpah mengenai perjalanan pernikahan mereka.
 
 
          
                          Berawal dari sepasang suami istri yang baru saja menikah Leo (Channing Tatum) dan Paige (Rachel Mc Adams) mengalami saat-saat paling indah dalam hidup mereka. Tak ada seorang pun yang mengetahui rahasia di balik sebuah momentum. Film ini diawali dengan sebuah narasi "Momentum" oleh Leo, narasi ini langsung menyedot perhatian penonton. Kalimat-kalimat yang disampaikan dalam narasi tersebut tentang efek dari sebuah momentum tabrakan lebih mirip seperti ajakan untuk mengerti akan setiap makna kejadian dalam hidup.
 

                              Layaknya suami istri yang baru menikah Paige dan Leo berada dalam fase sangat bahagia. Dalam perjalanan pulang ke rumah setelah menonton film di Movie Teather. Leo memarkirkan kendaraannya di tempat pemberhentian kendaraan hanya untuk menerima sebuah ciuman dari Paige. Ternyata saat bersamaan pula sebuah truk datang dari arah belakang mobil mereka langsung menabrak mobil Leo dan Paige hingga membentur tiang lampu jalan.
 
           
       
                                 Kondisi Paige mengenaskan, ia terhempas keluar dalam kondisi tidak memakai sabuk pengaman, kepalanya membentur kaca depan mobil hingga kaca tersebut digambarkan pecah. Mereka dilarikan ke ICU, Leo hanya mengalami luka-luka namun malangnya Paige kehilangan sebagian ingatannya terutama memori setelah ia menikah dengan Leo. Kondisi itu baru diketahui Leo pasca Paige siuman di rumah sakit. Bahkan Paige mengira Leo adalah dokternya.
 
           
                           Di sinilah berawal ujian cinta Leo dan Paige dimulai. Film yang didirekturi oleh Michael Sucsy ini banyak sekali mendapat pujian dari berbagai pihak. Tentu saja ditambah dengan pemilihan dua aktor dan aktris yang memerankan Leo dan Paige yang memiliki akting yang sangat memukau.
 
  
      
                               Tak ada yang meragukan kepiawaian Channing Tatum (Leo) dan Rachel Mc. Adams (Paige) dalam berakting. Rachel Mc Adams yang terkenal wara wiri di genre drama banyak mendapat pujian dalam “The Notebook”, demikian juga dengan Tatum yang begitu memukau dalam “Dear Jhon.” Kedua film tersebut adalah film drama romantis yang sering direkomendasikan di berbagai media.
 

           
                               Ketika Tatum dan Mc. Adams dipertemukan dalam The Vow,  kolaborasi itu benar-benar memberikan sebuah chemistry yang sangat apik, begitu diungkapkan oleh Stephanie Merry dalam The Washington’s Post.
 
          

                               Ada hal yang sangat menarik sehingga drama romantis satu ini mencapai Box Office. Sebuah konflik yang tajam, namun sangat manusiawi. Plot yang tidak monoton, ditambah kualitas gambar dan suara yang jernih serta musik latar yang semakin memperkuat dramatisasi dari alur cerita. Bisa dilihat dari bagaimana perasaan Leo saat berjuang mempertahankan istrinya Paige yang menganggapnya sebagai orang asing, antara sabar dan kesal, memperjuangkan atau melepaskan. Belum lagi konflik dengan orang tua Paige yang memaksa Paige pulang ke rumah dan kehadiran Jeremy mantan tunangan Paige yang tiba-tiba muncul kembali menjadi sebuah cerita yang manis, mendebarkan, menguras emosi namun tidak terkesan cengeng.
 

       
                               Di sinilah letak perbedaan drama-drama keluaran Hollywood dengan drama-drama keluaran Korea. Jalan cerita yang ditampilkan dengan dramatisasi yang memukau namun semua masih dalam logika wajar, jalan cerita dengan pola serupa namun alur yang berbeda dan terkesan lebih cerdas bisa kita temukan dalam drama satu ini.  Jadi, memang tak mengherankan saat debute pertamanya opening day The Vow mencapai US$ 15,4 million, angka fantastis meningkat kemudian dalam seminggu tayang meraup lebih dari US$ 41, 2 million.
 

                               Namun sebagai tambahan film ini kurang tepat jika ditonton bersama anak-anak dan remaja, karena di beberapa bagian ada adegan yang terbuka antara hubungan suami istri  yang digambarkan tidak terlalu vulgar namun tidak cukup baik jika ditonton bersama seluruh keluarga.
 


                                Baiklah, Bagi pencinta drama romantis, mungkin drama satu ini bisa menjadi pilihan di waktu senggang. Ada sebuah quote menarik bagi saya yang dinarasikan dalam drama ini. Benarkah cinta sejati mempunyai kesempatan kedua? Dan ternyata jawabannya saya temukan dalam sebuah pesan yang tersirat di ending drama ini bahwa Cinta memang harus diperjuangkan.
       
             
*****
 


            Aida MA



Komentar

  1. Balasan
    1. ya ampiunnn gw kudu ngasih alamat sedot gratis ya...xixixixixi

      Hapus
  2. ya iyya la kak aida manizzz... gak lengkap rasanya kalo resensi tak ber-alamat donlod :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Capcay deh...aku beli vcd nya soale heuheu...mari kita tanya mbah gugel aja yukkkkk hihihi

      Hapus
  3. Resensi yang cerdas. Saluttt. *nyari downloadnya* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoooo nontonnn...ngomporii..aku udah 3x nonton. Tp ttp aja brkaca2 pas adegan blajar ikhlas..heuheu

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer