TERBUKA ATAU TERTUTUP








Kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh seperti apa politik itu dijalankan dalam bangsa tersebut.  Kita pasti setuju bahwa sebuah partai politik harus memiliki gagasan, tren jumlah partai yang banyak terutama tren ini terjadi di Eropa, membuat parta-partai besar harus bergerak ke tengah dan menggandeng banyak partai-partai kecil. Koalisi ini yang memungkinkan partai-partai kecil meminta posisi jabatan dalam kabinet pemerintahan, minta jadi jaksa agung atau jabatan lainnya.  Seperti kata Alexander Pope, partai politik bisa membuat kegilaan bagi banyak orang, namun hanya sedikit keuntungan bagi sebagian orang.


Sistem terbuka memang memiliki kelebihan karena interaktif, kita bisa memilih langsung siapa calon legislatif yang kita pilih, namun sayangnya sebagian dari mereka tidak semuanya kita kenal, belum lagi memajang foto dengan teknologi filter,hingga fotonya lebih keren dari aslinya, sudah jadi rahasia umum juga, untuk menjadi caleg butuh 5-10 Milyar, untuk memperkenalkan dirinya pada pemilih. Mahal bingits..


Sistem terbuka atau tertutup, kenyataannya partai politik kita harus diperkuat. Sistem terbuka seharusnya sangat ideal, karena kita bisa memilih langsung caleg yang kita kenal dan kita inginkan, namun sistem terbuka juga memiliki kekurangan, karena membuat biaya pemilu lebih besar, lebih rentan money politics (meskipun tertutup pun demikian) lalu peran partai lebih lemah, dan perhitungan suaranya jauh lebih rumit. Setiap dapil berbeda kertas suara, sehingga membuat anggarannya menjadi besar. Bayangkan ya  dengan jumlah 17 parpol, 400K caleg. Negara  harus menyiapkan anggaran pemilu hingga 86-110Triliyun. 


Sistem tertutup pun memiliki kelemahan, karena tidak adanya interaktif antara pemilih dengan kader, lalu kader sangat tergantung pada partai politik,  namun sistem tertutup membuat partai politik kita tidak menjadi pragmatis. Sehingga partai poitik menjadi memiliki ideologi, gagasan, visi dan misi. Setiap partai harus memulai kaderisasi dalam merekrut kader dengan kualitas terbaik, bukan asal pilih saja.


Jadi Terbuka atau Tertutup, saya ikut kata MK saja. Namun, setidaknya kita punya insight yang berbeda dalam makna terbuka dan tertutup.

Komentar

Postingan Populer