Batavia Charity di PortalSatu.com

batavia

Batavia Publishing Berdayakan Anak Jalanan Lewat Program Menulis

17 August 2015 12:30 - IHAN NURDIN
JAKARTA – Batavia Publishing lewat program Batavia Charitu memulai kelas menulis untuk anak-anak jalanan, pemulung dan pengamen di rumah singgah charity of children educationdan sekolah bersama di daerah Pejaten, Jakarta Selatan.
Founder Batavia Publishing, Aida M.A, mengatakan dalam program ini, Batavia Publishing mengadakan pelatihan menulis yang akan dilaksanakan dalam jangka tiga bulan. Ini merupakan program mencerdaskan anak bangsa dan menanamkan budaya menulis bagi anak Indonesia, salah satunya berbagi bersama anak-anak jalanan. Tema yang diambil untuk program ini adalah “Mendukung Anak Jalanan Bercerita Dalam Karya”.
“Mereka ini sehari-harinya membantu orang tua memulung, ada juga yang ngamen, kadang mengemis. Kegiatan belajar hanya dilakukan tiga kali dalam seminggu bersama teman-teman volunteer di Charity of Children Education, sisanya bersekolah di luar. Selama mereka di jalanan, pasti banyak sekali pengalaman yang tidak bisa dibeli di manapun. Selain itu, tentu pula ada trauma-trauma di jalanan dalam keterbatasan mereka. Nah, dua hal inilah yang ingin kita dorong untuk disajikan dalam tulisan, selain akan menghasilkan karya, program menulis ini bisa menjadi self healing therapy bagi anak-anak jalanan” kata Aida MA kepada portalsatu.com, Senin, 17 Agustus 2015.
Program kelas menulis yang digagas Batavia Publishing ini juga didukung oleh relawan Green Indonesia Foundation, yang peduli terhadap pelestarian lingkungan dan pendidikan anak-anak yang berada di lokasi lapak pemulung. Kerjasama Batavia Publishing dengan GIF direncanakan untuk jangka panjang, para relawan juga akan diberi bekal untuk melanjutkan program kelas menulis anak jalanan ini setelah program intensif kelas menulis selesai.
“Harapan kita besar terhadap adik-adik di sini, mereka juga sama seperti anak-anak yang lain, selayaknya memiliki karya yang bisa dibaca oleh teman-teman di seluruh Indonesia. Bahwa ada cerita dari jalanan yang mungkin tidak ditemui anak-anak lainnya. Cerita ini yang kemudian disajikan dalam bentuk tulisan, karya dan buku,” tambah Aida.
Sementara ini kegiatan kelas menulis ini masih berfokus di dua tempat, yaitu Pejaten dan Kebagusan. Jumlah keseluruhan dari anak-anak yang mengikuti kelas menulis ini kurang lebih 15 orang. Diutamakan bagi anak-anak yang sudah lancar membaca dan menulis. Mereka juga berasal dari berbagai umur, latar belakang keluarga dan didikan yang sangat berbeda, meskipun mereka sama-sama pemulung dan hidup di jalanan.
“Insya Allah, kegiatan seperti ini bukan hanya untuk di Jakarta saja, karena kemungkinan akan merambah ke daerah-daerah yang lain, selama dasar dan tujuannya untuk mencerdaskan anak bangsa dari sisi karya dan pendidikan, maka Batavia Charity sangat membuka kerjasama pembukaan kelas-kelas menulis khususnya untuk anak-anak yang kurang mampu di daerah lainnya,” ujar Aida.
Batavia Publishing merupakan penerbit mayor yang telah membuat sejumlah program pendukung capacity building di bidang menulis seperti Dearest My Coach, Komunitas Sahabat Batavia, Travel Writer. Salah satu buku fenomenal yang telah diterbitkan adalah Dari Rimba Aceh ke Stockholm.[] (ihn)

Komentar

Postingan Populer