Batavia Publishing Gerakkan Budaya Menulis dan Cinta Wisata Indonesia

Jakarta, 11 Juni 2015.  Batavia Publishing sukses menyelenggarakan program menulis sekaligus traveling yang diadakan di Gunung Papandayan pada tanggal 5-7 Juni 2015. Program mendaki Gunung Papandayan ini merupakan program terbaru dari Batavia Publishing untuk menggerakkan budaya menulis di Indonesia, dengan memadukan antara pentingnya mengabadikan perjalanan dan mempromosikan tempat pariwisata lewat tulisan.


             Program Traveling Writing kali ini dibuka dengan pendakian bersama. Program ini bukan hanya pendakian biasa, karena Batavia Publishing dengan cerdas memasukkan program workshop menulis dengan genre Travel Memoir dan Travelling Fiksi  kepada setiap peserta, selama program pendakian ini berlangsung.

            Pendakian dan Menulis ini dimentori oleh  Aida, MA; penulis sekaligus co-founder dari Batavia Publishing dan diikuti oleh 6 orang peserta, berasal dari berbagai kalangan, termasuk Mahasiswa dan Pekerja Swasta.


            “Agenda ini menarik sekali, karena jarang-jarang ada acara travel-writing, penggabungan dari dua kegiatan sekaligus. Menambah pengalaman tentang arti sebuah perjuangan, kemandirian, dan kebersamaan” ungkap Fera, salah seorang peserta Travel Writing.

            Hal senada juga disampaikan oleh Zulfikar Bayu, Mahasiswa pasca Sarjana yang ikut serta dalam pendakian ini mengakui bahwa “Mendaki itu biasa bagi pendaki seperti saya, tapi Batavia Publishing, sangat luar biasa melakukan perpaduan Travel dan Writing, sehingga lebih lengkap makna pendakiannya. Program ini sangat bagus, karena peserta dituntun untuk menulis, belajar dengan alam dan bagaimana arti kebersamaan dalam sebuah pendakian.”


            “Uniknya lagi dari program ini, ada tugas yang diberikan untuk setiap peserta pendakian, baik itu selama program berlangsung dan setelah pulang dari Papandayan, setiap peserta mendapat tugas menulis sebuah tulisan bergenre Travel Memoir atau Travelling Fiksi, kemudian naskah terbaik dari event inilah yang kemudian akan kita terbitkan di Batavia Publishing.” Lanjut Aida lagi.


            Kegiatan ini berbeda dengan kegiatan lainnya, karena sebelum belajar menulis, setiap peserta harus mendaki terlebih dahulu, sehingga bisa merasakan bagaimana lelahnya, berjuang mencapai puncak dan membangun tenda sendiri di camp pendakian. Ini tentu sangat menarik, karena feel selama di pendakian akan terasa kental dalam tulisan semua peserta. Program ini juga menjadi ajang keakraban sesama peserta dan panitia lewat malam berbagi dan api unggun, hingga acara inti keesokan harinya yaitu menulis di antara kabut atau menggali ide tulisan di tenda mereka masing-masing, agar peserta semakin semangat,  tulisan terbaik selama di camp pendakian mendapat hadiah dari Batavia Publishing ungkap Aida penuh semangat. 





            Achmad Irfan selaku Tim dari Batavia Tour and Travel sekaligus Ketua Panitia Acara ini menambahkan “Event ini akan kita laksanakan secara berkala dengan harapan banyak orang yang mencintai alam Indonesia, menyebarkan info tentang indahnya Indonesia lewat tulisan-tulisan yang dihasilkan selama event berlangsung. Lewat program ini, kami juga mengajak semua peserta belajar bagaimana bersinergi dengan alam dan paling penting mampu menuangkannya dalam sebuah tulisan yang menarik, salam Literasi dan salam Lestari akan menjadi dua warna yang unik, dalam tulisan setiap peserta program Travel Writing Bersama Aida MA dan Batavia Publishing”


Jakarta, 11 Juni 2015.

Profil Batavia Publishing.
Batavia Publishing merupakan produk dari PT. Batavia Media Utama, yang bergerak di bidang penerbitan. Batavia Publishing memiliki visi dan misi mengembangkan budaya menulis dan cinta membaca di Indonesia, melalui program-program seperti Batavelis Class (Kelas Batavia Novelis) KSB (Komunitas Sahabat Batavia, Komunitas pencinta buku, rumah baca dan penulis resensi Indonesia) DMC (Dearest My Coach, Program Asuh penulisan, di mana penulis akan dibimbing hingga naskahnya dinyatakan layak untuk diterbitkan).
Beberapa produk Batavia Publishing dalam bentuk buku Politik, Pergerakan, Hukum, Tatanegara, Travelling, Motivasi, Psikologi dan Fiksi.
Contact Person

Aida MA.

             


Komentar

Postingan Populer